Lombok Sumbawa Pearl Festival 2010

Anda tentunya tahu, pulau di sebelah timur Bali, yang masih kaya akan potensi alamnya, dari puncak gunung sampai dasar lautnya? Yap, betul sekali! Pulau Lombok, yang merupakan bagian dari propinsi Nusa tenggara Barat. Selain terkenal akan pemandangannya yang indah, Lombok juga terkenal sebagai penghasil mutiara di seluruh dunia. Pasarnya pun meliputi benua Asia, Amerika, bahkan Eropa. Kualitas mutiara yang berasal dari Lombok ini pun sudah diakui oleh dunia. Yang menjadi tujuan langganan ekspor mutiara ini antara lain, Amerika Serikat, Jepang, Jenewa, Milan, dan Zurich.

Bagusnya kualitas mutiara dari Lombok disebabkan oleh banyaknya teluk di pulau ini, sehingga kerang-kerang mutiara tersebut tidak terkena arus gelombang yang terlalu kuat. Selain itu, kadar garam atau salinitas di pulau Lombok relatif stabil, jadi cocok untuk habitat kerang mutiara air laut.

Melihat potensi yang sangat bagus ini, maka Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat dan Asosiasi Budi Daya Mutiara Indonesia, akan menggelar event yang bertajuk Lombok Sumbawa Pearl Festival 2010. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 6-9 Mei 2010 dan berlokasi di Pantai Senggigi, tepatnya di The Santosa Villas and Resort.

Santosa Villas and Resort

Acara ini selain untuk mempromosikan Mutiara dari Lombok, juga sebagai langkah awal untuk mendukung program Visit Lombok Sumbawa 2012. Melalui acara ini diharapkan akan menarik minat wisatawan agar lebih banyak lagi yang berkunjung ke Lombok dan Sumbawa. Selain itu, juga untuk membuka peluang kerja sama agar dapat lebih memajukan industri kerajinan mutiara dan kerajinan lainnya. Sebab di dalam acara ini nanti, akan banyak stand-stand yang memamerkan hasil kerajinan khas dari Lombok dan Sumbawa selain mutiara tentunya. Hasil kerajinan yang lain itu di antaranya, gerabah, ukiran kayu, tiram bekas mutiara yang disulap ke dalam beraneka bentuk aksesoris.

Acara ini juga dimeriahkan oleh artis dari Jakarta, yaitu Be3 dan akan ada perancang busana Samuel Wattimena, yang akan memamerkan karya-karyanya. Rencananya acara ini akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan menabuh Gendang Beleq tanda dimulainya acara. Ibu Ani Yudhoyono nantinya akan melakukan pemanenan mutiara yang sudah beliau tanam tahun lalu.

Be3

Samuel Wattimena

So, jika Anda memang punya rencana buat berlibur di tanggal tersebut, Lombok bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda. Rasanya acara tersebut terlalu sayang untuk dilewatkan. Yah, siapa tahu saja ada obral mutiara murah, he..he..he…😆

7 thoughts on “Lombok Sumbawa Pearl Festival 2010

  1. @aiwulfric: Setujuh!!!! Mari kita buktikan pada dunia….

    @bermain sepeda: sama… sayang kalo sampe jatuh ke tangan2 yang tidak bertanggung jawab…. Maju terus Indonesia!!!

    @isdiyanto: makasih mas, tapi BTW, yang MANTAP pemandangan yang mana nih😉 he..he… 😆

  2. Sumbawa kok ga dibahas? Wah NTB tu pilih kasih, masa yang dibahas dan dipromosikan cuma Lombok saja…
    Sumbawa dianggap anak tiri, pantas saja warga Sumbawa mau bikin provinsi sendiri.
    Aku rasa kalaupun Sumbawa berdiri menjadi provinsi sendiri, mereka akan maju, karena adanya Newmont…

    • Sebenarnya Sumbawa sudah mulai dipromosikan juga, Mas Alay. Judulnya aja kan Lombok Sumbawa Pearl Festival, jadi yang dipamerkan di sana bukan hanya Lombok semata.😉

      Hanya saja jika dibandingkan dengan Lombok, infrastruktur di Sumbawa masih terbatas. Mudah-mudahan ke depannya pemerintah bisa lebih memperhatikan Sumbawa sehingga dapat menjadi primadona juga sebagai daerah tujuan wisata alternatif selain Bali.😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s