TIPS SEBELUM MEMBELI LAPTOP

Laptop

Laptop

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah laptop, ada beberapa hal yang hendaknya diperhatikan. Seperti sebuah handphone, laptop kini mulai bergeser dari yang semula barang mewah menjadi sesuatu yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari, terutama orang-orang yang bekerja secara mobile. Memilikinya merupakan idaman hampir semua orang. Karena selain praktis, juga simpel untuk dibawa kemana-mana. Memilih laptop yang tepat sangat penting, karena ini akan digunakan antara 2 – 4 tahun ke depan. Sekarang ini memiliki laptop juga merupakan sebuah gaya hidup yang akan mengekspresikan diri Anda. Karena itu pilihlah laptop yang paling baik untuk diri Anda.

Pertama-tama tanyalah diri Anda, mengapa Anda butuh laptop? Beberapa orang menggunakan laptop untuk alasan yang berbeda-beda. Jika Anda hanya akan menggunakan laptop untuk berselancar / browsing di internet, maka laptop keluaran 3 tahun yang lalu juga masih oke untuk digunakan. Namun jika Anda seorang graphic designer atau seorang gamer, maka laptop dengan spesifikasi yang tinggi merupakan keharusan. Tapi akan berbeda lagi jika Anda adalah seseorang bisnisman yang sering melakukan presentasi, pilihlah laptop yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana (tak gendong kemana-mana, kata mbah Surip). Nah, sudah tahu alasan Anda membutuhkan sebuah laptop? Selanjutnya kita akan melihat spesifikasi laptop yang Anda butuhkan.

Processor
Bagian ini merupakan jantungnya laptop. Untuk pemakaian yang biasa, menggunakan Intel Dual Core masih cukup ideal dan harganya lebih terjangkau. Alternatif yang lain adalah processor Intel Atom, yang didesain untuk Notebook untuk berselancar (surfing) di internet. Tapi jika Anda membutuhkan daya pemrosesan yang lebih serta senantiasa bekerja secara multitasking, maka pilihlah processor Intel Core2 Duo 2GHz atau tingkat yang di atasnya lagi. Alternatif yang lain adalah Athlon X2, merupakan Processor keluaran AMD (Advance Micro Device), yang juga setingkat dengan Intel Core2 Duo.

RAM
RAM merupakan memory dari laptop yang berperan penting dalam menentukan cepat atau tidaknya pemrosesan data. Saat ini RAM sebesar 1 GB sudah merupakan hal yang biasa. Direkomendasikan untuk Windows XP gunakan RAM 1 GB, sedangkan Windows Vista gunakan RAM 2 GB. Selain itu pastikan bahwa RAM tersebut dapat di upgrade atau di tambah lagi untuk di masa yang akan datang.

Harddisk
Harddisk merupakan tempat penyimpanan data pada laptop. Untuk pemakaian standar, 80 GB – 160 GB sudah cukup. Tapi jika Anda kerap mendownload lagu atau film dari internet serta menginstal banyak apliklasi, pertimbangkan untuk memilih harddisk di atas 160 GB.

Berat
Biasanya, orang membeli laptop supaya bisa dibawa kemana-mana. Mereka bisa bekerja, chatting dengan teman, mengirim email, dan browsing di internet kapan pun dan dimana pun tanpa harus berada di rumah. Karena itu ukuran dan berat menjadi faktor yang penting dalam memilih sebuah laptop. Untuk Netbook biasanya beratnya kurang dari 1,5 kg. Untuk laptop mid-size (11″ – 14″) beratnya 2 – 3,5 kg. Sedangkan yang digunakan untuk menggantikan komputer desktop (15″ – 17″) bisa lebih dari 3,5 kg.

Harga
Ini hal yang paling penting dan signifikan. Pilihlah laptop yang sesuai dengan budget Anda. Meskipun harga ini bersifat relatif, namun sebagai gambaran adalah sebagai berikut: Untuk laptop dengan kualitas nomor satu, artinya spesifikasinya tinggi, saat ini dibanderol dengan harga di atas sekitar Rp 10 jutaan. Sedangkan laptop dengan spesifikasi menengah dibanderol dengan harga 4,5 – 8 jutaan. Anda bisa membeli laptop saat ada pameran, karena biasanya akan diberikan diskon selama pameran berlangsung. Selain itu, ketika ada laptop model terbaru diluncurkan,maka harga untuk model yang lama akan anjlok. Jadi akan sangat menguntungkan jika Anda belum terlalu membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang terbaru.

Rekomendasi dari teman
Selain mendapat informasi dari internet dan artikel mengenai review dari sebuah laptop, yang paling baik adalah mencari rekomendasi dari teman-teman Anda. Jika kebetulan mereka memiliki laptop dengan type yang sama seperti yang akan Anda beli, maka mintalah pendapat mereka. Setelah mereka memakai laptop tersebut, tentunya mereka telah memiliki pengalaman mengenai kelebihan dan kekurangan laptop tersebut. Dan tentunya informasi yang Anda peroleh dari teman Anda tentu lebih dapat dipertanggungjawabkan ketimbang informasi yang Anda dapatkan dari internet ataupun pamflet.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang akan membeli laptop. Buatlah check list dari poin-poin di atas, pastikan laptop seperti apa yang Anda inginkan, dan selamat berbelanja laptop idaman Anda.😎

5 thoughts on “TIPS SEBELUM MEMBELI LAPTOP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s