Sekilas tentang RUU Rahasia Negara

Sebentar lagi DPR akan mengesahkan RUU Rahasia Negara, meskipun masih terjadi polemik di masyarakat mengenai Undang-undang ini. Masih banyak pihak-pihak yang menganggap bahwa Undang-undang ini nantinya akan mengekang kebebasan pers serta bertentangan dengan penegakan Hak Asasi Manusia. Maka di sini saya akan mencoba berbagi sebenarnya seperti apa sih Undang-undang Rahasia Negara itu, kok rasanya seperti momok yang menakutkan.

Beberapa pihak bahkan men-cap bahwa dengan disahkannya Undang-undang ini akan menjadi sebuah rezim baru, sperti layaknya Orde Baru dulu. Menurut saya, hal tersebut merupakan kekhawatiran yang berlebihan, alias mereka sesungguhnya belum mengetahui substansi dari Undang-undang Rahasia Negara ini.

Undang-undang Rahasia Negara ini sebenarnya mengatur hal-hal yang bersifat rahasia yang berkaitan dengan masalah kedaulatan negara, persatuan dan kesatuan bangsa, serta keutuhan wilayah NKRI. Adapun hal-hal yang dapat menjadi rahasia misalnya: mesin-mesin sandi yang dipakai untuk mengirim berita, jaringan VPN yang dipakai dalam komunikasi, serta berita-berita yang sensitif, yang apabila sampai diketahui oleh pihak-pihak yang tidak berhak (red. pihak lawan) akan dapat membahayakan kedaulatan dan keselamatan negara.

Era keterbukaan memang telah mengelana dan melanglang buana jauh sekali sejak tahun 1998 hingga saat ini. Hingga ditetapkan pula Peraturan mengenai Keterbukaan Informasi Publik yang akhirnya melandasi terciptanya era keterbukaan pers. Akan tetapi, keterbukaan ini juga perlu sebuah filter, yang tidak lain adalah UU Rahasia Negara ini. Apabila segala hal harus dibeberkan dan diberitahukan kepada publik, maka ini akan menjadi bumerang bagi kita, terutama sebagai bangsa. Sekarang, apakah Anda rela jika rahasia Anda diketahui orang banyak? Misal nomor PIN ATM Anda? Saya tidak yakin jika Anda akan mau melakukannya. Atau password Anda untuk situs-situs tertentu maupun email Anda? Ha..ha.. pasti Anda tidak akan membiarkan orang lain mengetahuinya bukan?

Nah, seperti itulah analogi yang mendasari dibuatnya Undang-undang Rahasia Negara ini, yaitu untuk membatasi privasi sebuah bangsa itu sendiri. Informasi ataupun aset-aset rahasia sebuah bangsa bukanlah sesuatu yang layak untuk dipublikasikan, karena dapat dieksploitasi oleh pihak lawan. Dan salah satu prinsip di dalam dunia intelejen adalah, tidak ada kawan yang abadi melainkan kepentingan yang abadi.

Jadi mari kita sama-sama memahami substansi dari Undang-undang Rahasia Negara ini, tolong dibaca lagi secara perlahan agar Anda mengerti maksudnya. Ini bukan sama sekali untuk menghalangi kebebasan pers ataupun melanggar hak asasi, melainkan demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Selain itu, ada pula pihak-pihak yang mempermasalahkan hukuman mati di dalam RUU ini. Hukuman mati diperuntukkan bagi siapa saja yang memata-matai serta berusaha mendapatkan data-data rahasia negara untuk diberikan kepada pihak asing atau lawan. Nah orang semacam itu apalagi sebutannya kalau bukan pengkhianat??? Nah hukuman yang setimpal bagi seorang pengkhianat adalah hukuman mati. Masa kita mau ribut memikirkan hak seorang pengkhianat, sedangkan dia berbuat hal tersebut tanpa memikirkan nasib 200 juta penduduk negara ini??? Bagi Anda yang merasa hal tersebut (hukuman mati) masih tidak cocok dalam konteks ini, apakah Anda akan mengesampingkan nasib 200 juta penduduk negeri ini yang akan menjadi korban bangsa asing akibat kebodohan 1 orang tersebut??? Mari kita coba renungkan lebih dalam, akankah kita akan membiarkan nusantara yang kita cintai ini dinjak-injak oleh bangsa lain?

Undang-undang Rahasia Negara ini juga dibuat untuk mengatur mekanisme komunikasi terutama dari Dalam Negeri ke perwakilan-perwakilan kita yang ada di luar negeri. Serta mengatur kewenangan Lembaga Sandi Negara dalam permasalahan pengiriman informasi serta pengusutan kejahatan rahasia negara yang menggunakan sistem pengamanan sandi.

Nah, jika Anda masih penasaran seperti apa sih Undang-undang Rahasia Negara itu, Anda dapat melihatnya di sini.

2 thoughts on “Sekilas tentang RUU Rahasia Negara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s