Rumah Ideal di Jakarta (2)

Setelah sebelumnya membahas mengenai faktor yaitu Lokasi dan Kualitas bangunan, maka kini akan saya teruskan untuk faktor-faktor yang selanjutnya.

3. Fasilitas
Fasilitas merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhitungkan dalam memilih sebuah rumah yang ideal. Sebuah perumahan yang baik tentunya harus dilengkapi dengan fasilitas yang oke, antara lain meliputi: pendidikan, transportasi, pelayanan umum, hiburan, pusat perbelanjaan, areal bisnis, pelayanan kesehatan, dan lain-lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Tetapi apa yang saya sebutkan di atas sepertinya sudah cukup mewakili sebuah perumahan yang baik. Fasilitas memang bukan target utama yang ingin dicapai oleh sebuah pengembang, tetapi memegang peranan yang sangat penting dalam menarik pelanggan.

Untuk pendidikan misalnya, tentunya kita juga tidak ingin kan jika pendidikan anak-anak kita gak jelas alias di sekolah yang abal-abal? Nah, sekarang ini sudah banyak pengembang yang mencoba menggandeng beberapa sekolah dengan predikat yang berkualitas/terakreditasi untuk turut bergabung atau membuka cabang di areal mereka (ini hanya untuk sekolah swasta). Untuk sekolah negeri ya mau tidak mau kita harus mengalah, karena lokasinya kan gak mungkin dipindah tho?
Jadi ini bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi kita dalam menentukan rumah idaman kita.

Untuk transportasi juga merupakan hal yang patut kita perhatikan, karena berkaitan erat dengan faktor lokasi yang sudah kita bahas sebelumnya. Terbayangkah di benak Anda ketika rumah kita sangat jauh dari jalan raya, sedangkan transportasi yang membawa kita sangat jarang bahkan harus menunggu selama berjam-jam? Bisa-bisa kita mati berdiri, karena nunggu kelamaan. Jadi sebaiknya kita memilih perumahan yang memiliki sarana transportasi bagus, paling tidak feeder busway jika aktivitas pekerjaan kita di Jakarta. Atau akses yang mudah ke stasiun, jika sarana transportasi utama kita adalah kereta.

Adanya kantor untuk pelayanan umum dan pelayanan kesehatan di dalam perumahan kita akan menjadi nilai plus tersendiri. Jadi, misalnya kita gak usah pergi jauh hanya untuk membayar rekening listrik, telepon, air, meskipun semuanya sekarang sudah bisa dilakukan melalui mesin ATM. Sedangkan untuk pelayanan kesehatan juga merupakan hal penting yang patut diperhitungkan. Jika di dalam perumahan tidak ada, paling tidak dekat dengan rumah sakit yang berada di luar komplek.

Pusat bisnis, pusat pebelanjaan, dan tempat hiburan, merupakan sunah saja di dalam sebuah areal perumahan yang ideal. Hanya saja, jika di dalam komplek kita terdapat pusat bisnis, maka bagi kita yang ingin memiliki bisnis sampingan maka tidak akan susah-susah mencari tempat. Sedang untuk pusat perbelanjaan, maka kita tidak usah harus pergi jauh hanya untuk belanja bulanan, tul gak? Sedangkan dengan adanya tempat hiburan, maka kita akan dengan mudah mengajak anak-anak kita saat liburan untuk bermain bersama di situ, cukup dekat dan hemat ongkos… he..he..he..😉

4. Track Record Developer
Yup, track record developer perlu dipertimbangkan. Karena semakin bagus track recordnya, biasanya akan semakin baik pula mereka mengemas produk mereka. Setelah belajar dari pengalaman, mereka mulai pandai untuk membidik calon kostumer. Senjata mereka adalah fasilitas, sedangkan untuk kualitas bangunan, seperti yang saya bahas sebelumnya, mereka akan mengutamakan untuk type rumah yang tergolong mewah.

Saya pernah punya teman yang punya pengalaman buruk dengan sebuah pengembang. Ketika dia telah terlanjur membeli rumah, kawasan itu seolah-olah mandeg, tidak ada lagi aktivitas pembangunan blok baru, apalagi fasilitas. Jadi teman saya menempati rumah di sebuah blok, dan hanya itulah blok yang ada di perumahan tersebut. Ketika saya tanyakan pengembangnya, ternyata belum pernah saya dengar sebelumnya. Beda lagi dengan teman saya lain. Dia sudah menempati rumahnya cukup lama. Kompleknya pun sudah mulai rame, tapi yang menjadi masalah, adalah bahwa akhirnya kantor pengembangnya menghilang entah kemana. Dan pengembangan perumahan itu pun hanya berhenti sampai di situ, tanpa ada usaha untuk menambah fasilitas, bahkan beberapa kapling yang belum terjual akhirnya dijual dalam bentuk tanah dan bukannya bangunan, dari sini dapat kita lihat bahwa pengembang tersebut sudah kehabisan modal. Nah, jadi kita harus berhati-hati ketika akan menjatuhkan pilihan kita, jangan sampai terjebak dengan pengembang yang ecek-ecek seperti itu.

Beberapa pengembang yang lumayan oke adalah ISPI Group, Lippo Group, Graha Buana Cikarang (atau lebih dikenal dengan Jababeka) Group, Agung Sedayu Group (untuk kelas menengah ke atas). Di tempat saya sendiri, yaitu Jababeka, fasilitas yang diberikan sangat luar biasa. Dari tempat pendidikan, pusat kesehatan, sampai pusat bisnis dan perkantoran sudah disediakan. Malah sampai merangkul Koramil dan Polres segala. Jadi kalau mau apa-apa semuanya serba dekat, gak usah jauh-jauh.

5. Budget
Nah, ini yang paling utama!!! Setelah menimbang dan memperhatikan, maka kita harus mengukur sampai di mana kekuatan finansial kita. Jadi dari penjelasan saya di atas, silahkan Anda menganalisa yang manakah rumah yang sesuai untuk Anda. Untuk masalah finansial, kita harus selalu memantau suku bunga KPR, jika Anda memang akan mengambil rumah secara kredit. Jangan sampai ketika Anda akan akad kredit Anda tersandung harus menambah uang muka dikarenakan suku bunga KPR melonjak dibanding ketika Anda ditawari oleh staf marketing dulu, dan itulah yang pernah terjadi pada saya. Jadi jangan sampai hal tesebut terjadi pada Anda.

Di akhir artikel ini — setelah penjelasan yang begitu panjang — sebenarnya saya punya tori mengenai pemilihan rumah yang ideal, yaitu: tidak ada rumah yang ideal bagi semua orang, rumah ideal adalah relatif, ideal bagi seseorang belum tentu ideal bagi orang lain, dan yang terakhir adalah menemukan rumah yang ideal adalah sama ketika Anda menemukan jodoh Anda, tidak di duga-duga dan tidak disangka-sangka. Jadi temukan rumah ideal Anda, jangan mudah terpengaruh oleh orang lain, karena rumah pilihan Anda mencerminkan diri Anda.

Selamat memilih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s