BUKA TOPENG ANDA

Mungkin memang benar bila seorang laki-laki ingin mendapatkan hati seorang wanita dia akan selalu menunjukkan kehebatannya, itupun pernah aku alami sendiri di masa yang lalu. Dan menurutku bukan hanya pria yang berbuat demikian, wanita pun juga mungkin melakukannya. Tapi menurutku itu adalah manusiawi, dimana seorang manusia melakukannya untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Bahkan, kalau kita mau mengambil hikmah, ciptaan Allah yang lain pun melakukan hal yang sama, di dunia binatang, para pejantan melakukan gerakan/prilaku atau mengeluarkan zat-zat tertentu untuk menarik perhatian sang betina. Tapi kita manusia, yang dianugerahi oleh akal pikiran, jadi sangat sayang kalo kita mudah tertarik dan terjebak oleh hal-hal semacam itu.

Yang berbahaya adalah ketika masing-masing dari kita memakai “topeng”, yaitu tidak menunjukkan bagaimana jati diri kita yang sebenarnya. Maka ketika hubungan sudah semakin intens, maka di situ akan timbul keterkejutan karena orang yang dekat dengan kita, terkadang hampir tidak kita kenali lagi.

Oleh karena itu, cobalah mencari pasangan yang mau menerima diri kita apa adanya, jangan hanya tunjukkan apa-apa yang baik dari kita, tapi juga tunjukkan pula kelemahan kita, jangan pernah mencoba untuk menutupinya, karena toh sebagai manusia kita juga tak pernah luput dari segala keterbatasan. Kita juga harus mau berbesar hati menerima segala kekurangan yang dimiliki oleh pasangan kita.

Kalau boleh memberi masukan atau apalah namanya, “Suami/Istri anda adalah sahabat terbaik anda”. Karena itu menurut saya, alangkah baiknya bila hubungan diawali dari persahabatan, bukannya berpacaran, karena dengan demikian kita akan lebih saling mengenal satu sama lain tanpa “topeng”. Apa yang kita berikan dan apa yang dia berikan kepada kita akan terasa begitu tulus, tanpa ada pamrih apapun.

Bila sekarang Anda mungkin telah menjalin hubungan dengan seseorang, dan mengalami perbedaan antara ketika jaman “pe de ka te”, cobalah instropeksi diri, cari kelebihan dan kekurangan diri anda, cobalah diskusikan dan berbagi dengannnya. Semoga dengan sikap anda yang lebih terbuka, akan membuat dirinya lebih bersikap terbuka pula serta mau menerima anda apa adanya. Tapi bila dirinya malah bersikap menjauhi anda, percayalah berarti dia bukan orang yang tepat buat anda, karena dia hanya bisa melihat kelebihan anda dan tidak bisa menerima kekurangan anda. Dia adalah orang yang EGOIS.

Ingatlah, jangan pernah memakai “topeng” ketika anda ingin menjalin hubungan yang serius dengan seseorang, bangunlah sebuah hubungan di atas sebuah kejujuran dan keterbukaan. Karena insya Allah itu akan lebih langgeng dan bahagia. Amin.

8 thoughts on “BUKA TOPENG ANDA

  1. Setuju…tulisan cerdas bro…tp pengalaman ini bukan karena dulu ga ada yang mau kan bro?….he….he…..

    • Makasih, Pren. Tapi aku juga dulu waktu nulis ini kaya lagi kesurupan. Tau2 jari jemariku menari di atas keyboard, dan hopla!!! jadilah tulisan ini…

    • iya nich, tumben ya kok bisa nulis kaya gitu, he..he.. Tapi, di balik itu semua, ingatlah cover and concealment, itu dituntut dalam profesi kita kan??? Belum tentu yang Anda liat di permukaan itu benar…

  2. Speechless, aku pikir bener mister bin, tapi coba gini deh, gmn bisa bermula dari persahabatan ketika kita sudah terlanjur sayang sama seseorang, bukannya akhirnya “sense of belonging” nya jd tinggi. Trus ujung2nya dg cover persahabatan tetep aja jaim nutup2i, lha mergane wes ono roso seneng disik..nah piye tuh???hehe

  3. Pingback: Life Is About Choice | Cagak Urip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s